Berbagai Manfaat Mengetahui Perhitungan Weton Dalam Menjalani Kehidupan Sehari-Hari

Berbagai Manfaat Mengetahui Perhitungan Weton Dalam Menjalani Kehidupan Sehari-Hari

Sebagian dari masyarakat Jawa yang masih memegang teguh kebudayaan lama, sering kali mempercayai tentang perhitungan weton. Perhitungan ini digunakan dalam berbagai aspek, mulai dari menentukan tanggal perkawinan hingga melakukan kegiatan sehari-hari. Bisa dibilang, perhitungan ini mirip feng sui ala Jawa. Namun, apakah perhitungan ini hanya digunakan untuk melihat seseorang tepat berjodoh atau tidak? Jika melihat dari buku primbon ala Jawa, rupanya menghitung weton ini juga dapat bermanfaat untuk hal-hal lain.

Manfaat Perhitungan Weton

  1. Untuk Menentukan Kapan Puasa Weton

Puasa weton merupakan jenis puasa yang dilakukan pada hari wetonan yang bersangkutan. Jika hari dalam penanggalan Masehi ada 7, hari dalam penanggalan jawa ada 5 yaitu pon, wage, kliwon, legi dan pahing. Misalnya, kamu lahir di hari sabtu pon, maka puasa weton dilakukan ketika sabtu pon tiba. Perputaran siklus ini terjadi setiap 35 hari sekali, atau sekitar 5 minggu sekali.

Tujuan orang melakukan puasa weton pun beragam, biasanya karena memiliki hajat atau tujuan tertentu yang mengharuskannya melakukan puasa. Ada juga yang berpuasa untuk meningkatkan sisi spiritual dalam dirinya, semacam cara untuk berterima kasih kepada alam semesta.

  1. Untuk Menentukan Perayaan Hari Penting

Menghitung weton juga bermanfaat untuk menentukan perayaan penting, contohnya pernikahan, sunatan, atau hajatan tertentu. Pada buku primbon Jawa bahkan terdapat cara menghitung weton untuk menentukan apakah calon pengantin akan memiliki masa depan yang baik atau tidak. Beberapa orang masih menggunakan cara ini untuk menentukan pernikahan dalam perjodohan. Tak jarang, sepasang kekasih harus dipisahkan karena wetonnya dianggap jelek oleh orang tua mereka.

Weton bahkan digunakan untuk menentukan kapan harus pindahan rumah, membangun rumah, dan lain sebagainya.

  1. Untuk Memprediksi Watak

Tertulis juga dalam primbon, bahwa weton seseorang bisa menggambarkan watak baik dan buruknya. Misalnya, apakah dia adalah orang pemarah, pemalas, baik hati, dan lain-lain. Nasib seperti kelancaran rejeki, romansa dan lain-lain juga dapat dibaca melalui weton.

Bisa dibilang, perhitungan weton ini mirip dengan zodiak, entah itu zodiak Yunani maupun zodiak China. Percaya atau tidaknya semua kembali pada pilihanmu.

admin

shares